Turbo

Blok Baru Belajar

jadi harap maklum ya sik asik

Kamis, 22 Mei 2014

Ini Trik Jitu Agar Bisa Menabung

Arina Yulistara - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Beberapa orang sulit menyisihkan penghasilannya untuk menabung. Padahal tabungan penting untuk digunakan di masa mendatang terutama ketika sedang pergolakan ekonomi seperti sekarang ini. Bagi Anda yang mau menabung tapi sulit menyisihkannya, berikut saran dari perencana keuangan, Lisa Soemarto.


1. Prioritaskan Kebutuhan Utama
Setelah menerimah gaji, sisihkan uang untuk membayar kebutuhan utama. Kemudian bayar hutang ataupun asuransi. Setelah itu, sisihkan untuk investasi. "Jadi di depan itu sudah dianggarkan untuk kebutuhan utama dibayarkan," tutur Lisa saat diwawancarai Wolipop beberapa waktu lalu.

2. Hindari Membeli Barang Konsumtif Lebih Dulu
Agar bisa menabung, hindari membeli barang konsumtif lebih dulu. Lisa menyarankan agar budget untuk menabung sebaiknya disisihkan saat baru menerima gaji bukan ketika sudah dibelanjakan barang-barang seperti gadget, kosmetik, atau pakaian.

"Yang penting gini, pada waktu kita menerima gaji jangan nunggu sisanya, jadi di depan itu sudah dianggarkan," ujar Trainer International Association of Registered Financial Consultans (IARFC) itu.

3. Ikut Tabungan Rencana
Bila Anda sulit menyisihkan uang ketika baru menerima gaji, ikut tabungan rencana yang akan mendebit uang Anda secara otomatis. Tak lupa memperhitungkan kebutuhan apa saja yang seharusnya dibayarkan sehingga tabungan tersebut tidak mengganggu anggaran lainnya.

4. Tak Disarankan Ikut Arisan
Banyak wanita yang menabung dengan cara ikut arisan. Menurut Lisa, arisan bukan cara yang efektif. Pemilik restoran Steakology itu tidak menyarankan menabung dengan ikut arisan. Daripada arisan, Lisa lebih menyarankan untuk memasukkan uang tersebut ke dana investasi.

"Karena kalau inves itu ada hasilnya. Arisan itu kan nggak justru malah dipotong biaya-biaya acara, kecuali kalau arisan nggak ketemu. Tapi kalau arisan itu kan dibuat untuk ketemu," saran Senior Partner dan Senior Advisor di Akbar's Financial Check-up itu.

http://wolipop.detik.com/read/2014/01/22/094633/2474373/1133/ini-trik-jitu-agar-bisa-menabung-di-2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar