1.
Punya akun di sosial media seperti :


Atau
paling tidak memiliki


sudah cukup sebagai modal bagi Anda yang
tertarik menggeluti usaha di dunia maya atau bisa dibilang bisnis online. Jenis
usaha yang dapat dilakukan secara online, tidak berbeda dengan usaha di dunia
offline (keseharian kita), ada yang menawarkan barang-barang konsumsi, barang
produksi ataupun jasa. Yang membedakan hanyalah barang/jasa yang ditawarkan
ditampilkan dalam bentuk foto/gambar dan kemudian transaksi jual-beli dilakukan
melalui media online, atau biasa dikatakan transaksi udara.
Ya, saat ini,
bisnis online memang tengah menjadi tren tidak hanya di kota-kota besar, tapi
sudah merata ke seluruh Tanah Air. Kenyataan ini membuat banyak kalangan
beramai-ramai menekuni usaha virtual ini dan mulai membuka toko online untuk
memajang barang yang dagangannya. ingin mencoba manisnya bisnis online. Nah,
bagi Anda yang ingin memulai membuka usaha online, sedikit tips untuk Anda
tentang cara membuka toko online berikut, mungkin akan dapat membantu;
Persiapkan
alamat
Seperti halnya
membuka toko offline, toko online juga haruslah memiliki alamat yang jelas.
Kenapa? Karena bisnis online adalah bisnis yang benar-benar mengandalkan
kepercayaan lebih karena tidak adanya tatap muka langsung antara penjual dan
pembeli, jadi jika Anda memiliki alamat yang jelas untuk toko Anda, maka akan
mudah pembeli menaruh kepercayaan untuk membeli/bekerjasama pada usaha Anda.
Alamat untuk
toko online, tentu saja bukan di Jalan… atau di ruko… di pasar… dll, tapi toko
online memiliki alamat yang lebih dikenal dengan sebutan web/situs yang
lazimnya diawali dengan kode www.(namatoko).(platform) . misalnya : www.store.co.id
Pilih nama
untuk toko online Anda dengan nama yang mudah diingat dan sebisa mungkin
berhubungan dengan produk. Mudah diingat dan diucapkan akan memungkinkan orang
lebih mudah mencari alamat toko Anda, dengan sekali klik, maka akan langsung
terhubung dengan toko Anda. Sedang memilih nama yang berhubungan dengan produk
atau target konsumen produk, adalah agar lebih mudah ditemukan oleh mesin
mencari melalui kata-kata kunci (keyword) yang juga berhubungan dengan produk yang
dicari. Ingat, mereka yang berselancar di dunia maya, membutuhkan waktu tidak
lebih dari 2 detik untuk melihat satu alamat web, ke alamat lain, maka
perhatikan benar pemilihan nama toko Anda.
Kontak yang
jelas
Kontak yang
jelas sangat penting bagi sebuah toko online. Kontak Anda adalah sarana
komunikasi yang memudahkan transaksi Anda dengan pembeli. Buka akses kontak
Anda seluas-luasnya di banyak media, misalnya selain standarnya message (SMS)
atau telepon, lengkapilah juga dengan membuat alamat email, membuka akun sosial
media, jalur chating, milis, dan sebagainya. Semakin mudah Anda dihubungi oleh
pembeli, semakin senang mereka berbelanja di toko online Anda.
Materi yang
ditawarkan
Materi yang
ditawarkan adalah barang dan jasa yang Anda jual. Ini adalah inti dari
bisnis online Anda, jadi harap berhati-hati. “dagangan” di toko online,
tidaklah sama dengan toko biasa (offline) yang dapat dengan mudah dilihat,
dipegang atau ditimbang-timbang oleh calon pembeli. Apa yang Anda tawarkan di
toko Anda, hanyalah deretan foto dengan keterangan atau spesifikasi yang
menerangkan produk apa itu.
Foto barang
Dalam
memajang foto barang, usahakan foto jelas dengan background terang dan polos.
Foto barang dari berbagai sisi dan detail, agar lebih memudahkan calon pembeli
dalam mengenali produk dan mengira-ira seperti apa barang tersebut. Berikan
pencahayaan yang cukup pada foto Anda. Bila diperlukan, edit foto Anda. Ingat,
pengeditan adalah untuk memperjelas tampilan produk, bukan untuk menambahkan
apa yang tidak ada dalam produk Anda.
·
Spesifikasi
Spesifikasi
atau keterangan produk, adalah bagian yang vital untuk produk Anda dan otomatis
vital pula bagi toko online Anda. Karena, spesifikasi produklah yang mewakili
Anda sebelum seorang pembeli berusaha mengontak Anda untuk mengetahui lebih
jelas dan detail mengenai bproduk/barang yang ditawarkan. Spesifikasi adalah
kesan pertama bagi calon pembeli untuk membuka interaksi lebih lanjut dan
berujung transaksi pembelian. Untuk itu, dalam memberikan keterangan
produk, buatlah keterangan sejelas mungkin, detail tapi tidak bertele-tele.
Gunakan bahasa atau kata-kata yang mudah, bernada mengajak dan ingat jangan
pernah berbohong pada keterangan yang Anda tuliskan. Semakin Anda jujur dengan
keadaan barang, semakin calon pembeli Anda percaya dan ingin membeli produk
Anda.
Jalin Kerjasama
Menjalin
kerjasama dengan pembeli/calon pembeli adalah memudahkan akses komunikasi Anda
dengan mereka. Artinya, buatlah komunikasi Anda dengan pembeli lebih simple
yang membuat mereka merasa nyaman dilayani oleh Anda seperti halnya saat
berbicara dengan bertatapan langsung. Berikan respon secepat mungkin bila ada
panggilan telepon, SMS, chat, komentar atau apapun yang masuk pada media
komunikasi Anda. Sapaan yang hangat dan bersahabat dengan sedikit candaan akan
mudah mengakrabkan Anda dengan pembeli yang nantinya akan membuat mereka nyaman
dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk Anda dan bahkan kembali
bertransaksi lagi di kemudian hari.
Jalinlah
hubungan pertemanan dengan para pembeli agar mereka merasa dekat dan
“bergantung” pada bantuan dan produk Anda.Selamat berbisnis dan nikmati
manisnya laba online.
tambah lagi entri posting artikelnya, ukuran font huruf disesuaikan, spya enak dibaca dan susun tulisan dg rapi
BalasHapus